Strategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.
Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.
Disamping mencari keuntungan, Produsen/selaku penjual harus :
Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.
Disamping mencari keuntungan, Produsen/selaku penjual harus :
- Beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya;
- Memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta memberi penjelasan penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan;
- Memperlakukan atau melayani konsumen secara benar dan jujur serat tidak diskriminatif;
- Menjamin mutu barang dan/atau jasa yang diproduksi dan/atau diperdagangkan berdasarkan ketentuan standar mutu barang dan/atau jasa yang berlaku;
- Memberi kesempatan kepada konsumen untuk menguji, dan/atau mencoba barang dan/atau jasa tertentu serta memberi jaminan dan/atau garansi atas barang yang dibuat dan/atau yang diperdagangkan;
- Memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian atas kerugian akibat penggunaan, pemakai dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang diperdagangkan;
- Memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian.
- Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa
- Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kodisi serta jaminan yang dijanjikan;
- Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;
- Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan;
- Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut;
- Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
- Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;
"Konsumen adalah Raja". Pada awalnya idiom konsumen adalah raja tercipta dari perkembangan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan, strategi pemasaran yang dimaksud merumuskan bagaimana perusahaan dapat merangkul pangsa pasar yang lebih banyak. Hal tersebut dilatar belakangi oleh banyaknya pesaing di dalam pasar, sehingga mereka berebut hati konsumen dengan memberikan pelayanan yang berorientasi pada apa yang diinginkan konsumen, dengan harapan konsumen dapat terpuaskan yang selanjutnya menciptakan loyalitas konsumen pada tingkat konsumsi yang lebih tinggi.
Dengan semakin berkembangnya strategi pemasaran yang berorientasi pada kepuasan konsumen, menjadikan konsep pemasaran yang ada terfokus pada konsumen, sehingga setiap kebijakan pemasaran akhirnya tertuju pada upaya-upaya memberikan kepuasan pada konsumen. Hal ini tanpa disadari telah menciptakan posisi konsumen berada pada puncak manajemen perusahaan, dimana hampir seluruh komponen perusahaan harus berorientasi pada konsumen, sebagai contoh manajemen produksi akan selalu mengamati apa yang diinginkan oleh konsumen untuk membuat model produk/inovasi produk yang akan datang.
Dengan semakin berkembangnya strategi pemasaran yang berorientasi pada kepuasan konsumen, menjadikan konsep pemasaran yang ada terfokus pada konsumen, sehingga setiap kebijakan pemasaran akhirnya tertuju pada upaya-upaya memberikan kepuasan pada konsumen. Hal ini tanpa disadari telah menciptakan posisi konsumen berada pada puncak manajemen perusahaan, dimana hampir seluruh komponen perusahaan harus berorientasi pada konsumen, sebagai contoh manajemen produksi akan selalu mengamati apa yang diinginkan oleh konsumen untuk membuat model produk/inovasi produk yang akan datang.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar